Oleh: Putri Kusumawati*

Santri Dormitory Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka merealisasikan pernyataan produktif di masa pandemi ini. Sebuah gagasan yang diusung dan dikaji menjadi tema di dalam kegiatan Pengajian Daring Dormitory  yaitu “Peluang Dan Tantangan Ummat Di Dunia Teknologi-Informasi Pasca Pandemi” pada pertemuan Keempat ini hari Kamis (07/01/21). Pengajian ini dimaksimalkan via daring melalui aplikasi zoom meeting dan kajian tersebut diisi oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Sugema, ST, M. I. Kom. Harapan besar kajian ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh santri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran di masa pandemi atau pasca pandemi nanti.

Dr. Sugema, ST, M. I. Kom sebagai pemateri menyampaikan bahwa saat ini karakter peserta didik di era milenial kurang menyukai hal-hal yang sifatnya ceramah secara langsung, akan tetapi lebih tertarik dengan tampilan multimedia yang dibuat secara estetik dan menarik ketika dilihat membuat peserta didik mudah dalam menyerap informasi yang disampaikan.  QS. Al-Hujurat : 13 Ayat ini menggambarkan tentang Globalisasi dan mendorong manusia khususnya umat islam harus mampu menghadapi percaturan global, harus dapat menangkap peluang dan menghadapi tantangan abad 21.

Dari beberapa video yang ditampilkan juga dapat berhubungan dengan ayat tersebut bahwa hal ini mengajak untuk sama-sama menatap masa depan, gambaran kehidupan yang saat ini disuguhkan kurang lebih sebagai bekal kita untuk siap menghadapi arus globalisasi, tantangan yang akan datang sudah pasti. Apabila kita tidak benar-benar memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk terus belajar dari pengilmuan buku bacaan ataupun pengalaman. Minimal kita harus dapat mengikuti, dan menjadi pemain utama percaturan perkembangan ekonomi.

Di era revolusi industri banyak sekali fenomena-fenomena yang terlihat berkaitan dengan perubahan, dan hal itu perlu kita sikapi. selanjutnya kita perlu tau apa karakteristik dari revolusi industri. Yang pertama disampaikan bahwa, munculnya inovasi disruptif. Nah, hal ini bersinggungan mengenai terjadinya perubahan yang begitu cepat, terkadang sampai tidak terprediksi. Yang kedua berkembang sangat pesat kecerdasan buatan, seperti yang sama-sama kita lihat dan rasakan teknologi yang semakin pesat, terutama telepon genggam yang mungkin hampir tidak lepas dari genggaman kita. Semakin hari, semakin diciptakan teknologi yang fungsinya lebih banyak, tampilannya sangat menarik, sehingga menjadi nilai penting dalam dunia perekonomian.

Yang ketiga, tersedianya Big Data atau data besar semula hanya dapat disimpan dalam memori besar seperti mainframe atau server, saat ini dengan basis internet setiap orang dengan menggunakan smarthphone dapat memiliki big data dengan berbagai keterbatasannya. Adapun hal-hal yang penting sekali sama-sama kita perhatikan dan persiapkan sebagai umat islam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesat.

Pertama, Kesiapan SDM umat islam untuk menghadapi semua kondisi, begitupun survive disegala kondisi yang saat ini dirasakan dan masa yang akan datang. Kedua, Sesunguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedang kalian diciptakan untuk zaman kalian, dalam arti belajar sesuai dengan zamannya itu penting, dan perlu diperhatikan tidak meninggalkan atau melupakan batasan-batasan dalam menggunakan teknologi. Selanjutnya ilmu itu bersifat dinamis dan tidak tetap keberadaannya menyesuaikan dengan kondisi sekarang dan kehidupan masa depan.

Di situasi pandemi seperti saat ini adalah situasi kita bersama bagaimana kita sama-sama mencoba beradaptasi dalam berbagai lini, dalam hal pendidikan, ekonomi, sosial, dll. Terutama dalam bidang ekonomi, pengaruh teknologi  dalam perekonomian jika dilihat dalam buku Disruption penulisnya Rhenald Kasali, bahwa teknologi mengubah cara tersebut menjadi sebuah cara yang lebih efektif dan efisien. Sebelum masa pandemi inipun sering kali kita sduah temukan seperti online shop, ojek online, dsb. Menurut kita bersama setelah membaca dan memperhatikan keadaan saat ini teknologi yang semakin berkembang jika kita memanfaatkannya sesuai dengan porsinya, hal-hal positif yang pasti kita temui yang dapat menunjang segala kegiatan kita, atau mempermudah akses dalam hal apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *