Oleh: Aisyah Nurwulan*

Santri Dormitory Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka merealisasikan pernyataan produktif di masa pandemi ini. Sebuah gagasan yang diusung dan dikaji menjadi tema di dalam kegiatan Pengajian Daring Dormitory  yaitu “Menjadi Pribadi yang Sehat Jasmani dan Rohani Sesuai Tuntunan Nabi di Era Digital” pada pertemuan Ketujuh ini hari Kamis (28/01/21). Pengajian ini dimaksimalkan via daring melalui aplikasi zoom meeting dan kajian tersebut diisi oleh Penulis dan Dosen Fakultas Kedokteran UHAMKA, yaitu dr. Agus Rahmadi, M. biomed., M.A. Harapan besar kajian ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh santri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran di masa pandemi atau pasca pandemi nanti.

Bapak dr. Agus Rahmadi, M. biomed, MA, sebagai pemateri beliau mengatakan bahwa pola hidup sehat menurut Nabi Muhammad Saw, yaitu:

  1. Pola pikir
  • Jangan stress, ingatlah Allah Swt supaya hati kita tenang sesuai dengan surat Ar-Ra’d ayat 28.
  • Senyum, karena senyum adalah termasuk sedekah, menurut penelitian senyum bisa membuat bahagia dan dapat meningkatkan hormone endoktrin yang dapat membuat kita rileks.
  1. Pola Tidur
  • Istirahat yang cukup (Surat Al-Furqan : 47)
  • Tidur 6-8 jam
  • Sebelum tidur Rasul melakukan: Berwudhu, mengibaskan tempat tidur, berdoa, tidur miring ke kanan, tidur di awal malam, bangun di awal pagi, mematikan lampu.
  1. Pola Makan
  • Konsumsi makanan yang baik dan halal
  • Makan dan minum jangan berlebihan
  • Konsumsi madu sebagai obat karena meiliki banyak manfaat
  • Konsumsi Habbatusaudah sebagai peningkat imun
  1. Pola Sikap/Kebiasaan
  • Menjaga kesucian diri (Kebersihan)

Karena Allah menyukai orang yang bersih

  • Wudhu

Dapat menjaga kesehatan kulit

  • Sunnah Fitrah: Khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, menipiskan kumis
  • Olahaga

Olahraga yang dilakukan nabi, berkuda, memanah, berenang

  • Membaca Al-Qur’an

Menurut penelitian, dapat menyembuhkan kanker prostat.

  • Puasa

Minimal puasa Senin-kamis, bisa menjaga kesehatan dan menjaga pola makan

  • Sholat Tahajud

Menurut penelitian, melakukan tahajud dapat mereduksi kortisol, baik untuk menyembuhkan orang depresi, hipertensi, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *