Oleh: Intan Della Fanni*

Kajian Ramadhan berseri merupakan sebuah program yang direncanakan sebagai agenda rutin yang diadakan oleh Dormitory UHAMKA. Sebuah gagasan yang diusung dan dikaji menjadi tema di dalam kajian ramadhan berseri #2 ini yaitu “Menelusuri Jejak Nabi Adam AS” pada pertemuan Kedua ini hari Rabu (14/04/2021) yang dimulai pukul 05.00-06.00 WIB. Kajian ini dimaksimalkan via daring melalui aplikasi zoom meeting dan kajian tersebut diisi oleh Staf Pengajaran Dormitory UHAMKA, yaitu Ahmad Ruslan, M. Pd. Harapan besar kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dan bernilai ibadah di bulan suci Ramadhan ini. Program kajian berseri melibatkan seluruh santri Dormitory UHAMKA dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran.

Nabi adam adalah bapak dari umat manusia, hal ini disampaikan dan menjadi perdebatan pada QS. Al Baqarah : 30.

Menceritakan kisah yang baik tentang nabi dan rosul, serta kisah orang-orang yang mendustakan islam.

Setiap cerita yang disampaikan akan ada hikmah di dalamnya. Adanya dialog adam dan musa “Wahai adam engkaulah orang yang telah  mencelakakan serta mengeluarkan mereka dari surga”. Musa

“Wahai musa bukankah allah telah memilihmu dengan risalah dan kalamnya, maka kenapa engkau mencelaku dengan suatu perkara yang sudah ditakdirkan sebelum aku diciptakan” Adam.

Beberapa keistimewaan nabi Adam diciptakan langsung melalui tangannya (Allah).

  1. Diciptakan langsung melalui Tangan-Nya
  2. Ditiupkan langsung roh Ciptaan-Nya
  3. Memerintahkan para malaikat untuk bersujud padanya
  4. Diajarkan langsung oleh Allah SWT nama-nama segala sesuatu.

 

3 hal yg membuat kita tidak bisa mencium bau surga

  1. Bakhil pelit
  2. Orang dayyuts, orang yang membiarkan saudara kita salah
  3. Sombong

Dalam dalil istilah buah khuldi itu tidak ada.

Hawa diciptakan dari tulang rusuk kiri Adam yang paling pendek ketika ia sedang tertidur, lalu tulang itu digantikan balutan daging.

(Pemaknaan QS. An-Nisaa’:1)

Hawa diciptakan dari tulang rusuk adam sebelah kiri yang paling pendek. Lalu Hawa diciptakan untuk menemani adam. Tidak mungkin kita manusia hidup sendiri.

Ketika Adam meninggal dunia, yaitu pada hari Jumat, para malaikat pun mendatanginya dengan membawa keranda dan kain kafan dari sisi Allah, yang diambilnya dari surga dan menghibur putra dan menerima wasiatnya, yaitu Syits As.  Setelah itu terjadi gerhana matahari dan bulan tujuh hari tujuh malam berturut-turut.

Lalu wasiat Nabi Adam AS kepada putranya

“Wahai anakku, sesungguhnya aku menginginkan buah dari surga.” Mereka (anak-anak Adam) kemudian pergi mencarikan buah untuk Adam. Para malaikat menyambut kedatangan mereka, namun menolak permintannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *