Oleh: Aisyah Nur Wulan E. *

Kajian Ramadhan berseri merupakan sebuah program yang direncanakan sebagai agenda rutin yang diadakan oleh Dormitory UHAMKA. Sebuah gagasan yang diusung dan dikaji menjadi tema di dalam kajian ramadhan berseri #8 ini yaitu “Menulusuri Kisah Nabi Luth AS” pada pertemuan Kedelapan ini hari Selasa (20/04/2021) yang dimulai pukul 05.00-06.00 WIB. Kajian ini dimaksimalkan via daring melalui aplikasi zoom meeting dan kajian tersebut diisi oleh, M. Diki Lesmana. Harapan besar kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dan bernilai ibadah di bulan suci Ramadhan ini. Program kajian berseri melibatkan seluruh santri Dormitory UHAMKA dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran.

Usia Nabi Luth berusia hingga 80 tahun. Lama periode Nabi luth dimulai dari 1950-1870 SM dan Nabi luth di utus oleh Allah SWT di suatu desa yang bernama Sodom dan Amurah (Laut Mati atau Danau Luth). Nabi luth dikaruniai 2 orang putri yang bernama Ratsiya dan Za’rita. Untuk kaum pengikut Nabi luth disebut dengan Kaum Luth. Nabi Luth disebut namnya di dalam Al-quran sebanyak 27 kali.

Nabi Luth diutus menjadi nabi pada zaman pamannya yaitu Nabi Ibrahim. Awalnya Nabi Luth tinggal di kota kholil bersama pamannya kemudian nabi Luth hijrah ke kota shodom (Lembah Yordania). Kota Shadom  adalah kota yang penduduknya banyak melakukan pencurian hingga suka sesama jenis (homoseksual/Lesbian). Nabi Luth diutus oleh Allah Swt ke kota shodom untuk menyadarkan Kaum Shodom supaya meninggalkan Perbuatan mungkarnya dan kembali mengikuti jalan Allah Swt. Namun kaum shodom menghiraukan ajakan nabi Luth untuk kembali ke jalan Allah Swt. Sehingga Nabi Luth berdoa kepada Allah Swt agar kaum shodom diberikan peringatan. Lalu Allah Swt mengabulkan doanya dengan mendatangkan 3 malaikat yang menyamar menjadi manusia untuk memberikan kabar ke Nabi Luth dan Nabi Ibrahim. Namun, Nabi Ibrahim meminta kepada malaikat tersebut untuk membatalkan azab tersebut jika Kaum shodom mau mendengarkan nabi Luth untuk kembali ke jalan Allah swt. Lalu malaikat tersebut sepakat. Tetapi nyatanya kaum shodom tidak mau berubah sehingga Allah swt. Menurunkan azab ke kota shodom dengan menghancurkan kota tersebut. Sebelum Allah swt menurunkan azab kekota shodom Nabi luth dan kaumnya diminta untuk pergi dari kota tersebut sebelum magrib dan tidak boleh menoleh ke belakang didalam perjalanannya namun di tengah jalan istri nabi Luth ragu dan menoleh ke belakang melanggar perintah malaikat tersebut sehingga istri nabi luth ikut terkena azab di kota shodom tersebut.

Hikmah yang bisa kita ambil dari kisah Nabi Luth adalah :

  1. Kita harus tetap teguh dalam kebenaran,seperti yang telah dicontohkan nabi luth tetap mengajak kaum shodom untuk kembali ke ajaran Allah swt.
  2. Kita harus optimis terhadap pertolongan Allah swt. Karena Allah swt pasti akan membantu kita jika mengajak pada kebaikan
  3. Kita sebagai manusia berhak bertanggung jawab atas pilihannya ,seperti di kisah nabi luth walaupun istri nabi luth memiliki suami seorang nabi namun ia memilih untuk berpihak kepada kaum shodom,sehingga ia tetap terkena azab Allah swt. Maka kita harus memilih pilihan yang sesuai dengan jalan Allah swt agar tetap dalam kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *